Menu Close

Kompetisi Robot Line Follower “2nd Del Line Follower Robotic Competition” tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Laguboti, 15 November 2019 Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) prodi sarjana Teknik Elektro Fakultas Teknik Informatika dan Elektro (FTIE) Institut Teknologi Del telah melaksanakan kompetisi robot line follower tingkat SMA se-Kabupaten Toba Samosir dan sekarang sudah bertambah luas hingga ke Tapanuli Utara. Line Follower Competition merupakan suatu kompetisi regional Kabupaten Toba Samosir yang diadakan oleh HME IT Del yang terbuka bagi siswa/i SMA/SMK yang terdapat di kabupaten Toba Samosir. Line Follower Competition merupakan kompetisi robot di bidang line follower (robot pengikut garis) yang akan dilakukan tiap tahunnya.

Kompetisi robot line follower ini di ikuti oleh beberapa SMA/SMK sekitar Toba Samosir, di antaranya adalah: SMA Negeri 1 Balige, SMA Negeri 2 Balige, SMA Swasta Bintang Timur Balige, SMA Negeri 1 Laguboti, SMA Unggul Del, SMA Negeri 1 Siantar Narumonda, SMA Negeri 1 Lumbanjulu, SMA Negeri 1 Silaen, SMA Negeri 1 Parmaksian, SMK Negeri 1 Balige dan SMA Negeri 1 Uluan.
Lalu, ada juga SMA/SMK yang berada di sekitar Tapanuli Utara diantaranya adalah: SMA Negeri 1 Siborongborong, SMA Negeri 2 Siborongborong, SMk Negeri 1 Siborongborong, SMA Negeri 1 Sipoholon, SMA Negeri 1 Tarutung, SMA Negeri 2 Tarutung, SMA Negeri 3 Tarutung, SMK Negeri Slatasbarita, SMK Negeri 2 Slatasbarita, dan SMA SW ST Maria Tarutung.

Kegiatan memiliki dua tahap besar yaitu training  dan competition. Sesi Training merupakan sesi dimana peserta diberi pembekalan ilmu dasar mengenai robot line follower. Pada sesi ini peserta akan mendapat pelatihan khusus secara intensif selama 3 kali pertemuan dengan 1 minggu sekali pertemuan. Pada sesi training ini peserta akan dilatih dalam perakitan robot dari bentuk spaprepart terpisah hingga menjadi robot yang siap jalan. Kemudian dalam sesi training peserta tidak hanya dilatih dalam perakitan robot melainkan peserta juga akan dilatih untuk memprogram robot dengan Bahasa pemograman Bahasa C. Dalam pelatihan bidang pemograman, peserta akan dilatih hingga memiliki kemampuan memprogram robot sampai robot dapat berjalan di lintasannya serta mengganti program dengan pengubahan program menjadi lebih sederhana algoritma nya. Competition merupakan acara puncak dimana peserta berlomba dengan robot masing-masing dengan algoritma masing-masing peserta. Dalam perlomban menggunakan system battle hed to head dimana robot peserta harus mencapai garis finish lebih dahulu agar dinyatakan menang dari pihak lawan. Perlombaan dibagi dalam 3 tahap, yaitu tahap penyisihan, semifinal, dan final. Pada tahap penyisihan seluruh peserta berlomba untuk mengambil tiket ke semifinal dengan peserta yang tersisih sebanyak 4 tim, kemudian di tahap semifinal akan disaring lagi menuju tahap final dan akan tersisih sebanyak 2 tim. Di tahap akhir yaitu tahap final tim yang diperlombakan sebanyak 4 tim dengan hasil akhir yang didapat Juara Pertama, Juara Kedua, Juara Ketiga, dan Harapan I.

Scroll to top