Menu Close

Pelatihan Ketiga Untuk Kompetisi line follower “2nd Del Line Follower Robotic Competition” tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Laguboti, 30 Nopember 2019 Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) prodi sarjana Teknik Elektro Fakultas Informatika dan Teknik Elektro (FITE) Institut Teknologi Del kembali melakukan pelatihan kedua untuk menyukseskan kompetisi robot line follower “2nd Del Line Follower Robotic Competition” tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir dan se-Tapanuli Utara. Sebelumnya pelatihan pertama dilakukan pada tanggal 23 Nopember 2019.

Robot Line Follower yang digunakan untuk pelatihan ke-3 sebelum final diadakan.

Pada pelatihan sebelumnya, setiap tim mempelajari tentang tampilan LCD pada robot, bagian bagian dari LCD, prinsip kerja LCD, pengaturan pin pada LCD, kemudian cara menghubungkan LCD dengan arduino Uno. Selain itu setiap tim mencoba membuat contoh kode program yang akan digunakan untuk menggerakkan robot line follower.

Pelatihan Kedua pengenalan siswa terhadap arduino dan LCD robot.

Pada pelatihan ketiga atau akhir dari pelatihan, setiap tim dari perwakilan sekolah menggunakan kode program dan menggerakkan robot line follower. Robot line follower harus mengikuti jalur lintasan yang telah di sediakan panitia. Pada percobaan ini siswa di harapkan untuk  berpikir kritis dalam memperbaiki setiap kesalahan dari kodingan supaya robot line follower dapat mengikuti jalur lintasan tersebut. Dilihat dari pelatihan line robotik pertama hingga terakhir, peserta selalu semangat dan antusias dalam pelatihan line robotik.

Kompetisi robot line follower “2nd Del Line Follower Robotic Competition” berjalan dengan baik, dilihat dari antusias supporter dari berbagai SMK/SMK yang ikut menghadiri kompetisi ini, serta semangat dari tim peserta yang ikut berlomba. Disamping itu panitia Kompetisi robot line follower memberikan hadiah kepada tim supporter terheboh dan terkompak dari masing-masing perwakilan sekolah.

Sampai Bertemu di Kompetisi robot line follower “2nd Del Line Follower Robotic Competition” di Institut Teknologi Del.

Scroll to top